HASIL BAHTSUL MASAIL ISMAQ KUDUS
TENTANG
1.Sepele tapi
sering terjadi
Karena ingin
meningkatkan kebersihan pada Desa Kauman,Pemerintah menyediakan tempat sampah pada setiap rumah.Setiap bulan
warga diwajibkan membayar Rp 15.000 Kepada petugas sampah . kegiatan rutin
santri Ma’had Qudsiyyah setiap Jum’at pagi yaitu Ziarah Makam Sunan Kudus, pada
saat perjalanan ke makam Habibi membuang sampah pada tempat sampah salah satu
warga!
Pertanyaan:
A}.Apa hukumnya
membuang sampah pada tempat sampah orang lain yang kategorinya berbayar?
B}.Jika tidak
boleh ,apakah Habibi harus membayar kepada pemilik rumah?
Jawaban:
A.
Haram
Karena ditandirkan
menghosob hak orang lain.
كفايةالاخيار ص :295
ولهذاقال النووي: هوالاستيلاء على حق الغير
عدوانا, عدل عن قول الرافعى:مال الغير الى قوله: حق الغير لأن الحق يشمل ما ليس
بمال كالكلب والزبل وجلد الميتة والمنافع والحقوق كإقامة شخص من مكان مباح
كالطلريق والمسجد
كفايةالاخيار ص :295
ولودخل دار الغير ولم يكن صاحبها فيها وقصد
الاستيلاءعليها فغاصب:
يا قو ت نفيس ص :82-83
صورة الغصب:أن يركب زيد دابة عمروبغير اذن
B. a}.Tidak
membayar
hanya perlu meminta halal pada pemilik rumah
بغيةالمستر شدين
ص:283
{مسالة ك}للتوبة ثلاثة شرط:الندم على الفعل
والاقلاع فى الحال والغرم على عدم العود ويزيد حق العباد بردالمظالم اليهم فيلزمة
تمكين المستحق من العقو بة او استحلا له
b}.Wajib membayar
Karna termasuk Ghosob, Setiap orang
yang menggoshob harus mengembalikan barang yang di Ghosob.
فتح القريب ص:77
ومن غصب مالا لأحد لزم رده
2.Seng penting melu jamaah
Karena
terburu-buru, Junaedi berlari ke aula agar tidak terlambat jamaah,hingga
Junaedi lupa memakai peci ,di saat sujud Junaedi merasa ada beberapa rambut
yang menghalangi jidatnya karena mengetahui hal tersebut.Junaedi menganggkat
kepalanya kemudian menyinggkirkan rambut tersebut dengan tangannya. Lalu
Junaedi melanjutkan sujudnya!
Pertanyaan: Apakah yang dilakukan Junaedi dapat
membatalkan sholatnya?
Jawaban:
a.
Tidak
Batal (kelompok 2)
بغية المسترشدين ص:51
{فائدة}لوكشفة الريح عورته
فسترها حا لا لم يضركما لوكشفها نحوادمى قاله بح ل وفيده سم بغيرالمميزوقالزوحينئذ
يضرغير الريح مطلقا
b. Tidak Batal (kelompok 6)
Karna dua anggota tubuh yang digerakkan secara langsung itu dihitung
seperti satu gerakan.
حاشية البيجوري ص: 342
ولو بأعضاء متعددة كأن حرك رأسه ويديه ويحسب ذهاب اليد وعودها مرة واحدة
ما لم يسكن بينهما
c.
Tidak Batal (kelompok 5)
Karna gerakannya tidak melebihi tiga gerakan.
فتح القريب ص:31
واالعمل الكثير المتوالي كثلاث خطوات عمدا كان ذلك أو سهوا أما العمل
القليل فلا تبطل الصلاة به.
d.Tidak
Batal (kelompok 2)
Karena ada hajat,Yaitu menghindari kemekruhan
كفاية الاخيار ص:100 جز 1
ويؤخد من كلام الشيخ أن العمل القليل لايبطل ووجهه بأن القليل في محل
الحاجة.
e.Bisa
batal(kelompok 2)
Jika dibuat main main
بيجوري 343ص:
قوله(فلاتبطل الصلاة به)أي بالعمل القليل ولوعمداً,فعمده كسهوه في عدم إبطال الصلاة نعم إن قصد به اللعب بطلت صلاته.
f.Tidak
batal(kelompok 2)
Tidak termasuk amal katsir
بيجوري ص342ـ334
والمراد القليل ولو احتمالافيشتمل لو شك في فعل هل هو كثير او قليل فلا
يضر على المعتمد كما مر,ومحل البطلان بالعمل القليل إذا لم يكن من جنس الصلاة فإن
كان منه كزيادة ركوع بطلت به إن كان عمداً.
g.Tidak
batal(kelompok 4)
tapi termasuk makruh karena ada iltifat
شرح
منهاج الطالبين ص:246ـ247
قلت يكره الاتفات بوجهه لا لحاجة.........وكفّ شعره أو ثوبه
لحديث:{أمرت أن أسجد على سبعة أعظم,ولا أكفّ ثوباً ولاشعرا}.رواه الشيخان,وهذا
لفظ مسلم,ولفظ البخاري:{أمرنا أن نسجد.......ولانكفَّ},والمعاني في النهي عن
كفهكأنه يسجد معه,قال في شرح المهذب:والنهيلكل من صلى كذلك,سواء تعمده للصلاة أم
كان لمعنى وصلى على حالهووذكر من ذلك :أن يصلي وشعره معقوص او مردودتحت عمامته او
ثوبه,او كمّه مشمّر.
3.Pembunuhan atau tidak
Ada suatu keluarga yang sedang berekreasi
di kolam renang suatu daerah.Pada saat rekreasi ibu menyuruh sang kaka untuk
menjaga adiknya . Karena sang kakak terlalu fokus bermain hp hingga sang adik
tenggelam sebab kelalaian sang kakak
Pertanyaan: Apakah
kakak tersebut termasuk pembunuh?
Jawaban:
.
A.Tidak Termasuk Pembunuh
>karena sang kakak dititpi oleh ibu dan
sang kakak ceroboh.
فتح القريب ص:211
{ولا يضمن} الود يع
الوديعة {إلابالتعدى}.
>Sang kakak mendapat denda dan sanksi
Allah.
{ضمن} أى الود يع
بدلها من مثل أوقيمة مع الإثم.
> Karena Kakaknya Tidak
termasuk Dalam Syarat-syarat Qotil
نهاية الزين ص :335
(و) شرط في (قاتل) أمران
(تكليف) ولو من سكران أو ذمي أو مرتد,فلا يقتل صبي و مجنون حال القتل وإن تقطع
جنونه,ولو قال :أنا صبي الآن و أمكن فلا قصاص ولا يحلف على صباه (ومكافأة) أي
مساواة من المقتول لقاتله حال الجناية بأن لا يفضل قتيله حينئذ.
B. Tidak Termasuk
Pembunuh
>Sang
kakak hanya mewakili hak asuh ibunya.
فتح القريب ص:35
وهى بفتح الواو
وكسرها في اللغة التفويض وفي الشرع تفويض شحص شيأ له فعله مما يقبل النيا بة إلى
غيره ليفعله حال حياته وخرج بهذا القيد الا يصاء وذكر المصنف ضابط الوكالة
>Doman badan bisa diganti dengan harta,qishosh,cambuk
يقوت النّفيس ص:75
صورة ضمان البدن المسمّى
بالكفالة:ان يكون لزيد على عمرو حق ماليٌ او قصاص او حدّ قذف,فيقول بكر لزيد :
تكلّفت لك ببدن عمرو.
C.Sang kakak bukan pembunuh karna sang kakak يدالأمانة(orang yang diamanahi)
إعانة الطا لبين ج 3
ص:162ـ163
{وهو أي الوكيل ، ولو بجعل
أمين}وذلك لانه نائب عن الموكل في اليد والتصريف، فكا نت يده كيده، ولأن
الوكالة عقد إرفاق ومعونة ، والضمان مناف لذلك
D.Sang kakak bukan pembunuh melainkan orang dititipi tetapi lalai
فتح القريب ص:50
{ولا يضمن} الود يع
الوديعة {إلابالتعدى}.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar