LBM ISMAQ 1

HASIL BAHTSUL MASAIL ISMAQ KUDUS

TENTANG

1.Sepele tapi sering terjadi

Karena ingin meningkatkan kebersihan pada Desa Kauman,Pemerintah menyediakan  tempat sampah pada setiap rumah.Setiap bulan warga diwajibkan membayar Rp 15.000 Kepada petugas sampah . kegiatan rutin santri Ma’had Qudsiyyah setiap Jum’at pagi yaitu Ziarah Makam Sunan Kudus, pada saat perjalanan ke makam Habibi membuang sampah pada tempat sampah salah satu warga!

Pertanyaan:

A}.Apa hukumnya membuang sampah pada tempat sampah orang lain yang kategorinya berbayar?

B}.Jika tidak boleh ,apakah Habibi harus membayar kepada pemilik rumah?

Jawaban:

A.    Haram

Karena ditandirkan menghosob hak orang lain.

 كفايةالاخيار ص :295

ولهذاقال النووي: هوالاستيلاء على حق الغير عدوانا, عدل عن قول الرافعى:مال الغير الى قوله: حق الغير لأن الحق يشمل ما ليس بمال كالكلب والزبل وجلد الميتة والمنافع والحقوق كإقامة شخص من مكان مباح كالطلريق والمسجد

كفايةالاخيار ص :295

ولودخل دار الغير ولم يكن صاحبها فيها وقصد الاستيلاءعليها فغاصب:

يا قو ت نفيس ص :82-83

صورة الغصب:أن يركب زيد دابة عمروبغير اذن

B.      a}.Tidak membayar

hanya perlu meminta halal pada pemilik rumah

بغيةالمستر شدين ص:283

{مسالة ك}للتوبة ثلاثة شرط:الندم على الفعل والاقلاع فى الحال والغرم على عدم العود ويزيد حق العباد بردالمظالم اليهم فيلزمة تمكين المستحق من العقو بة او استحلا له

        b}.Wajib membayar

Karna termasuk Ghosob, Setiap orang yang menggoshob harus mengembalikan barang yang di Ghosob.

فتح القريب ص:77

ومن غصب مالا لأحد لزم رده

 

 

2.Seng penting melu jamaah

Karena terburu-buru, Junaedi berlari ke aula agar tidak terlambat jamaah,hingga Junaedi lupa memakai peci ,di saat sujud Junaedi merasa ada beberapa rambut yang menghalangi jidatnya karena mengetahui hal tersebut.Junaedi menganggkat kepalanya kemudian menyinggkirkan rambut tersebut dengan tangannya. Lalu Junaedi melanjutkan sujudnya!

 

Pertanyaan: Apakah yang dilakukan Junaedi dapat membatalkan sholatnya?

 

        Jawaban:

a.       Tidak Batal (kelompok 2)

بغية المسترشدين ص:51

{فائدة}لوكشفة الريح عورته فسترها حا لا لم يضركما لوكشفها نحوادمى قاله بح ل وفيده سم بغيرالمميزوقالزوحينئذ يضرغير الريح مطلقا

                b. Tidak Batal  (kelompok 6)

Karna dua anggota tubuh  yang digerakkan secara langsung itu dihitung seperti satu gerakan.

حاشية البيجوري ص: 342

ولو بأعضاء متعددة كأن حرك رأسه ويديه ويحسب ذهاب اليد وعودها مرة واحدة ما لم يسكن بينهما

c. Tidak Batal  (kelompok 5)

Karna gerakannya tidak melebihi tiga gerakan.

فتح القريب ص:31

واالعمل الكثير المتوالي كثلاث خطوات عمدا كان ذلك أو سهوا أما العمل القليل فلا تبطل الصلاة به.

            d.Tidak Batal   (kelompok 2)

Karena ada hajat,Yaitu menghindari kemekruhan

كفاية الاخيار ص:100 جز 1

ويؤخد من كلام الشيخ أن العمل القليل لايبطل ووجهه بأن القليل في محل الحاجة.

e.Bisa batal(kelompok 2)

Jika dibuat main main

بيجوري 343ص:

قوله(فلاتبطل الصلاة به)أي بالعمل القليل ولوعمداً,فعمده كسهوه في عدم إبطال الصلاة نعم إن قصد به اللعب بطلت صلاته.

f.Tidak batal(kelompok 2)

Tidak termasuk amal katsir

بيجوري ص342ـ334

والمراد القليل ولو احتمالافيشتمل لو شك في فعل هل هو كثير او قليل فلا يضر على المعتمد كما مر,ومحل البطلان بالعمل القليل إذا لم يكن من جنس الصلاة فإن كان منه كزيادة ركوع بطلت به إن كان عمداً.

g.Tidak batal(kelompok 4)

tapi termasuk makruh karena ada iltifat

 شرح منهاج الطالبين ص:246ـ247

قلت يكره الاتفات بوجهه  لا لحاجة.........وكفّ شعره أو ثوبه لحديث:{أمرت أن أسجد على سبعة أعظم,ولا أكفّ ثوباً ولاشعرا}.رواه الشيخان,وهذا لفظ مسلم,ولفظ البخاري:{أمرنا أن نسجد.......ولانكفَّ},والمعاني في النهي عن كفهكأنه يسجد معه,قال في شرح المهذب:والنهيلكل من صلى كذلك,سواء تعمده للصلاة أم كان لمعنى وصلى على حالهووذكر من ذلك :أن يصلي وشعره معقوص او مردودتحت عمامته او ثوبه,او كمّه مشمّر.

3.Pembunuhan atau tidak

    Ada suatu keluarga yang sedang berekreasi di kolam renang suatu daerah.Pada saat rekreasi ibu menyuruh sang kaka untuk menjaga adiknya . Karena sang kakak terlalu fokus bermain hp hingga sang adik tenggelam sebab kelalaian sang kakak

Pertanyaan: Apakah kakak tersebut termasuk pembunuh?

Jawaban:

.

       A.Tidak Termasuk Pembunuh

>karena sang kakak dititpi oleh ibu dan sang kakak ceroboh.

فتح القريب ص:211

{ولا يضمن} الود يع الوديعة {إلابالتعدى}.

>Sang kakak mendapat denda dan sanksi Allah.

{ضمن} أى الود يع بدلها من مثل أوقيمة مع الإثم.

> Karena Kakaknya Tidak termasuk Dalam Syarat-syarat Qotil

  نهاية الزين ص :335

(و) شرط في (قاتل) أمران (تكليف) ولو من سكران أو ذمي أو مرتد,فلا يقتل صبي و مجنون حال القتل وإن تقطع جنونه,ولو قال :أنا صبي الآن و أمكن فلا قصاص ولا يحلف على صباه (ومكافأة) أي مساواة من المقتول لقاتله حال الجناية بأن لا يفضل قتيله حينئذ.

 

     B. Tidak Termasuk Pembunuh

 >Sang kakak hanya mewakili hak asuh ibunya.

 

فتح القريب ص:35

وهى بفتح الواو وكسرها في اللغة التفويض وفي الشرع تفويض شحص شيأ له فعله مما يقبل النيا بة إلى غيره ليفعله حال حياته وخرج بهذا القيد الا يصاء وذكر المصنف ضابط  الوكالة  

>Doman badan bisa diganti dengan harta,qishosh,cambuk

يقوت النّفيس ص:75

صورة ضمان البدن المسمّى بالكفالة:ان يكون لزيد على عمرو حق ماليٌ او قصاص او حدّ قذف,فيقول بكر لزيد : تكلّفت لك ببدن عمرو.

C.Sang kakak bukan pembunuh karna sang kakak    يدالأمانة(orang yang diamanahi)

إعانة الطا لبين ج 3 ص:162ـ163

{وهو أي الوكيل ، ولو بجعل أمين}وذلك لانه نائب عن الموكل في اليد والتصريف، فكا نت يده كيده، ولأن الوكالة عقد إرفاق ومعونة ، والضمان مناف لذلك

 

D.Sang kakak bukan pembunuh melainkan orang dititipi tetapi  lalai

فتح القريب ص:50

{ولا يضمن} الود يع الوديعة {إلابالتعدى}.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages