[DRAFT] Bahsul Masail Update



  

Kelompok 6

          Di pondok ada seorang santri bernama Sholahur. disaat sehabis ngaji pagi, karena saking lelahnya sholahur, dia menaruh pecinya di sampingnya yang diatasnya terdapat kitab, kemudian ia tiduran dan posisi kitab tersebut sejajar dengan pantat sholahur.

Pertanyaan:

              A.Apakah boleh hal tersebut dilakukan?

              B.apakah hal yang dilakukan sholahur tersebut merupakan su’ul adab/tidak menghormati kitab?


Jawaban Soal “A”

1)    Boleh,apabila kitab tersebut sudah berada di tempat yang berbeda dan terangkat(murtafi’) ,tapi bila belum bisa dianggap terangkat (murtafi’) maka hukumnya haram.

إعانة الطالبين ج ١ ص ١١٩

قوله:(و مدّ الرجل ) بالرفع عطف على تمكين أيضاً . أي ويحرم مدّ الرجل لما فيه من الأزدراء به . و قال في المغني : و يحرم الوطء على الفراش أو خشب نقش بالقرآن – كما في الأنوار – أو بشيء من أسمائه تعالى . و قوله :(ما لم يكن ) أي المصحف ، على مرتفع فإن كان كذلك فلا يحرم .

2)   Tidak boleh, karena termasuk tidak memulyakan ilmu

تعليم المتعلم ص  ١٨

ومن التعظيم الواجب ان لا يمد الرجل إلى الكتاب ويضع كتاب التفسير فوق سائر الكتب تعظيما ولا يضع على الكتاب شيئا اخر.

3)   Haram, karena termasuk penghinaan pada mushaf ataupun ilmu Syariat,dan hal tersebut termasuk maksiat

إسعاد الرفيق على شرح سلّم التوفيق ج ٢ ص ٥٧

(أو) شيء من (قرآن ) أو من أمره أو نهيه أو وعده أو وعيده (أو) بشيء من (علم) شرعي وآلته (أو جنة أو نار ) فكل ذلك من المعاصى الموبقات و الخبائث المهلكات بل بعضها إذا قصد به الإستهزاء يجرّ إلى الكفر.

 

HASIL BATSHUL MASA’IL INTERN MA’HAD QUDSIYYAH KUDUS

1443/1444 H


Deskripsi Masalah :

          Pada suatu hari ada salah satu yang sedang melaksanakan sholat isya’Dengan berjamaah.pada saat pelaksanaan sholat tersebut,rakaat pertama & kedua dilaksanakan dengan semestinya,yaitu sesuai dengan aturan fiqih. tetapi saat rakaat ketiga sesudah sujud kedua, imam melakukan tahiyat akhir. Pada saat itu sebagian ma’mum sudah mengingatkannya dengan isyaroh yang diperbolehkan dalam sholat,dan sebagian ma’mum lainnya hanya diam saja.yang mungkin saja tidak menyadarinya ,tetapi imam tidak menghiraukan peringatan dari ma’mum mungkin saja imam meyakini jika sudah melakukan 4 rekaat dan akhirnya imam pun salam.

Pertanyaan

A. Bagaimanakah hukum sholat dari imam & ma’mum tersebut?

B. Lalu bagaimanakah solusi untuk imam dan ma’mum pada kejadian tersebut?


A.1) Bagi imam ,hukum sholatnya ditafshil : 

 - Jika dia yakin bahwa sholatnya tidak ada kesalahan menurut jumhur ulama wajib baginya untuk melakukan apa yang diyakininya . menurut imam Baghowi dan Mutawali jika ma’mumnya masuk adat tawatur maka mengikuti ma’mum.

                        -Jika dia merasa lupa maka ia harus mengikuti ma’mum

. فتح المعين بهامش إعانة الطالبين ج ١ ص خ٣٤٨-٣٤٩

فلو شك أ صلّى ثلاثا أم أربعا مثلا أتى بركعة لأن الأصل عدم فعلها -إلى أن قال-ولا يرجع في فعلها إلى ظنّه ولا إلى قول غيره أو فعله ،وإن كانوا جمعاً كثيرا ما لم يبلغوا عدد التواتر.

(قوله: ما لم يبلغوا عدد التواتر) أي فإن بلغوا عدده بحيث يحصل العلم الضروري بأنه فعلها رجع لقولهم لحصول اليقين له، لأن العمل بخلاف هذا العلم تلاعب. كما ذكر ذلك الزركشي، وأفتى به الوالد رحمه الله تعالى.

 

   2) Bagi ma’mum yang mengetahui kesalahan imam ada dua pilihan :

      -Mufaroqoh

      -menunggu imam sambil berdiri ketika imamnya salm otomatis mufaroqoh , ketika imamnya berdiri maka mengikuti imam.

- كتاب الفتاوى الفقهية الكبرى - باب شروط الإمامة وما يتعلق بها - ج 1 ص223-224

(وسئل) - رضي الله عنه - عن الإمام إذا ترك الفاتحة سهوا في صلاة جهرية ولم يعلم المأموم بذلك فتابعه فهل يجب عليه إعادة الصلاة نظير ما قالوه فيما لو صلى خلف إمام بظاهر ثوبه نجاسة غير معفو عنها فإنه يجب عليه الإعادة في هذه الصورة وإن بعد عن الإمام بحيث لا يراها أو كان في ظلمة أو كان أعمى وليس ذلك إلا لنسبته إلى نوع تقصير في الجملة أو

لا تجب عليه الإعادة نظير ما قالوه أيضا لو اقتدى المأموم بالإمام في ركعة أصلية فبان الإمام ساهيا في إتيانه بزائدة قام إليها فقام معه جاهلا زيادتها وأتى بأركانها كلها فإنها تحسب له إذ لا تقصير منه لخفاء الحال عليه فإن قلتم بالأول أشكل الثاني وإن قلتم بالثاني أشكل الأول؟

(فأجاب) بقوله نعم تجب عليه الإعادة كما يصرح به كلامهم حيث قالوا لو بان أن إمامه ترك تكبيرة الإحرام ولو سهوا لزم المأموم الإعادة بخلاف ما لو بان أنه ترك النية؛ لأن ترك تكبيرة الإحرام لا يخفى فينسب المأموم إلى تقصير بخلاف ترك النية فتأمله تجده صريحا في مسألتنا فإن الفاتحة وتكبيرة الإحرام على حد سواء فإذا ألزموه بالإعادة في ترك التحرم ولو سهوا فكذلك نلزمه في ترك الفاتحة لاستوائهما في أن ترك كل منهما لا يخفى سواء كانت الصلاة سرية أم جهرية 

 3) Bagi ma’mum yang tidak tahu diperbolehkan mengikuti imam.

B.  1) Bagi imam sebaiknya ia’dah sholat bersama ma’mum yang tidak mufaroqoh agar lebih berhati-hati    

     2) Untuk ma’mum yang mengetahui hukum , wajib mufaroqoh.

Pages